Selasa, 14 Agustus 2012

Aplikasi Pendataan Siswa Terbaru/ Dapodik

   Para peserta didik akhir-akhir ini pasti sedang kebingungan kalau ingin mencari tahu tentang informasi NISN-nya. Memang sudah setahun terakhir, website resmi DAPODIK sedang dalam perbaikan. Ya, karena sistem yang berjalan belum maksimal, masih banyak data peserta didik yang belum tercantum dan banyak pula yang tercantum dua kali.
   Namun jangan khawatir! Sekarang ini sistem dapodik sudah mulai berjalan. Aplikasi terbaru ini sekarang dikerjakan oleh operator tiap-tiap sekolah. Jadi dari kita untuk kita. Setiap sekolah sekarang ini diberikan aplikasi dengan kode aktivasi yang hanya dimiliki oleh sekolah itu sendiri. Jadi sekolah yang mengisi data siswa, kemudian mengirimnya ke server dapodik. Dengan begitu, faktor kesalahannya sangat kecil. Karena jelas sekali sekolah yang sangat tahu kondisi sekolah.


   Memang perlu waktu bagi setiap operator sekolah untuk mengerjakan aplikasi ini. Karena memerlukan data yang sangat mendetail dari setiap siswa. Bisa dilihat, masih banyak sekali sekolah yang belum meng-update data untuk dapodik ini. Bagi anda yang ingin melihat sekolah-sekolah mana saja di daerah anda yang sudah mengirimkan data untuk dapodik ini, bisa anda lihat di http;//infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id
   Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.
   Bagi para adik-adik peserta didik, bersabarlah. Karena para operator sekolah pasti sedang dan masih dalam tahap pengerjaan. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengerjakan aplikasi pendataan ini.

Semoga bermanfaat.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar